4 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Haid, Wanita Wajib Baca

makanan yang harus dihindari saat haid
Nyeri Haid

Haid atau menstruasi adalah tamu rutin yang datang setiap bulan pada wanita. Namun tidak semuanya wanita bisa menjalaninya dengan mudah. Faktanya ada sebagian wanita saat haidnya tiba terasa begitu menyiksa karena kerap menimbulkan rasa nyeri, mulas dan juga kram di perut.

Tentunya hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Sebab telah ditemukan adanya hubungan antara makanan dengan intensitas nyeri saat haid. Oleh karena itu, bagi wanita yang sering mengalami nyeri haid agar nyerinya tidak semakin parah perlu menghindari beberapa makanan tertentu.

Apa saja sih makanan yang sebaiknya jangan dimakan menjelang haid ?. Berikut ini adalah ulasannya.

1. Makanan dan minuman berkafein

Kafein dikatakan bisa memperburuk nyeri saat menstruasi karena memicu perut kembung dan meningkatkan kecemasan sehingga sensitifitas terhadap nyeri makin bertambah. Kafein biasanya terdapat dalam makanan dan minuman seperti kopi, coklat, teh hitam dan minuman bersoda.

Ada baiknya hindari dulu jenis makanan ini dang menggantinya dengan makanan dan minuman yang lebih bermanfaat seperti buah dan sayuran.

2. Makanan berlemak terutama yang digoreng

Makan gorengan memang terasa lezat, tapi jangan coba-coba makan ini saat haid.  Menurut Physicians Committee for Responsible Medicine makanan berlemak tinggi memiliki pengaruh pada aktivitas hormon dalam tubuh. Yang mana perubahan aktivitas hormon saat menstruasi selalu beriringan dengan nyeri payudara dan kembung. Tidak hanya gorengan saja, anda juga harus menjauhi makanan yang menggunakan minyak sayur sebagai bahan bakunya.

Untuk mengganti makanan-makanan tersebut, carilah makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, atau olive oil (minyak zaitun). Makanan-makanan tersebut mengandung lemak tak jenuh, yang dapat membantu mengurangi radang.

3. Makanan olahan dan cepat saji

Salah satu alasan kenapa perlu menghindari jenis makanan ini ialah karena kandungan sodium atau garam yang terlalu banyak. Diketahui sodium terlalu tinggi dapat memperparah kram dan nyeri ketika menstruasi. Sebagai penggantinya buah, sayuran, ikan, kacang atau biji-bijian bisa dikonsumsi sebagai pengganti makanan olahan.

4. Makanan manis dengan banyak gula

Saat haid biasanya terjadi perubahan hormon sehingga keinginan untuk makanan manis akan meningkat yang berakibat pada kadar gula darah tidak stabil.

Mengonsumsi makanan dengan gula tinggi dapat berpengaruh pada fluktuasi gula darah yang berakibat pada perubahan suasana hati atau mood swings. Daripada mengonsumsi makanan manis, sebaiknya memakan buah yang kata serat atau yogurt rendah lemak.

Tips Mengurangi Nyeri dan Kram Saat Haid

Nyer haid memang menyebalkan namun bukan berarti tidak bisa diatasi. Setidaknya ada beberapa tips berguna yang bisa dilakukan untuk sekedar mengurangi rasa tidak nyaman pada perut selama periode haid dan sangat mudah untuk dilakukan, diantaranya ;

  • Kompres bagian yang terasa nyeri dengan handuk hangat atau kantung kompres yang diisi air hangat.
  • Minum secangkir teh Chamomile terbukti efektif meredakan nyeri selama haid
  • Berolahraga ringan untuk membantu melancarkan peredaran darah
  • Konsumsi vitamin D yang cukup untuk  membantu menghambat kerja prostaglandin sehingga mengurangi rasa sakit
  • Pijat lembut secara memutar pada bagian perut, bisa menggunakan baby oil atau minyak esensial
  • Atur porsi makan, lebih baik makan dengan porsi kecil tapi sering untuk menghindari perut kembung
  • Mandi air hangat  untuk merelaksasi badan jika kompres hangat tidak membantu

Nah, itulah beberapa informasi mengenai makanan yang harus dihindari saat haid dan juga tips-tips mudah untuk mengatasi nyeri haid. Semoga bisa membantu dan menambah pengetahuan ya.

Disponsori oleh ;

walatra bersih wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *